• sefryanakhairil

Back To Writing



The first writing rule is...

Write what you like. What you want. What you love.

*

Saya berpikir kembali tentang peraturan pertama menulis, yaitu tulislah apa yang kamu suka. Menyadari, mungkin saya sudah jauh dari peraturan pertama menulis tersebut.

Menulis apa yang kita tidak sukai menyiksa buat saya. Susah payah mencari inspirasi, kemudian menulis hanya untuk menghapusnya kembali. Meninggalkan layar putih kosong tanpa satu pun kata tertulis di sana. Capek, memang. Sampai-sampai saya sempat berpikir untuk berhenti menulis saja kalau begitu terus. Buat apa menulis kalau menulis hanya menjadi sebuah keharusan. Bahkan, beban. Kata itu menakutkan saya.

Seorang teman kantor mendatangi saya. Dia mengatakan satu hal yang seolah menyadarkan saya. "Jangan buang mimpi lo demi sesuatu yang--bahkan--nggak bisa kasih sesuatu yang pasti."

Itu yang dikatakannya dengan nada santai, tetapi mampu membuat saya terhenyak. Menjadi penulis adalah mimpi saya. Ya, dia tahu benar saya sangat ingin membagikan inspirasi untuk orang banyak. Atau bahkan sangat bahagia kalau tulisan saya bisa bermanfaat bagi orang banyak.

Sejak saat itu, saya memutuskan untuk kembali menulis. Kembali kepada mimpi saya selama ini. Bukan mimpi orang lain, lagi.

*

Back to writing. Sudah beberapa bulan sejak saya absen menulis, entah karena alasan sakit atau mandek atau yah... malas. Saya kembali membuka laptop dan membaca naskah yang sudah saya tulis. Naskah yang tidak pernah berhasil saya dapatkan feel-nya.

Proyek novel yang sedang saya tulis sebutlah #AndienRadit, kedua nama tokoh utamanya. Although it is going fine. Slowly, but fine.I think I want to make it different. Jadi, saya membicarakan perombakan plot tersebut dengan sahabat-sahabat saya, yang kemudian membawa ide-ide segar baru. And it's so strong as usual that I want to jump in as soon as possible. Maybe i will post it up on this web or Wattpad. I don't know. I just want to enjoy the progress.

I want to take my time and not to feel pressured. Since all presure make me hurry and make my stories turn bad.

So, I hope #AndienRadit will be better too.


2 views

© 2007-2019 by Sefryana Khairil. All rights reserved.