• sefryanakhairil

Berbagi Inspirasi: Ranca Bungur, Bogor

Updated: Sep 28, 2019


Hidup tidaklah benar-benar hidup ketika kita belum berbagi, meskipun hanya sekadar inspirasi.


Hari itu saya bersama teman-teman dari Koin Inspirasi mengadakan acara berbagi bersama anak-anak di daerah Ranca Bungur, Bogor. Kami bersepuluh datang membawakan banyak cerita dan juga banyak hadiah untuk mereka, lalu anak-anak itu menyambut kami dengan penuh suka cita.

Setelah teman saya selesai membacakan dongeng, giliran saya duduk di antara anak-anak. Mereka menatap saya dengan mata polos dan bening mereka, menunggu cerita apa yang akan saya tuturkan. Sekilas, saya menangkap semangat besar yang menyala dalam diri bocah-bocah yang masih duduk di kelas sekolah dasar itu.

"Kakak namanya Sefryana Khairil. Kalian bisa memanggil Kakak, Sefry saja," ujar saya membuka suara. Melihat mereka masih terdiam, belum bereaksi apa pun, saya lantas menambahkan, "Saya seorang penulis. Penulis novel, cerpen, dan banyak lagi."

Saya menceritakan sedikit-banyak tentang dunia menulis. Beberapa dari anak-anak itu pun mengangkat tangan ketika saya bertanya siapa yang suka menulis buku harian. Mereka suka menceritakan apa saja kejadian yang mereka alami setiap hari di sana. Sebuah langkah bagus jika mereka ingin menjadi seorang penulis.

Kemudian saya bertanya kepada mereka, ingin menjadi apa kelak jika sudah dewasa. Kebanyakan dari anak-anak itu menjawab ingin menjadi tentara dan guru--sebuah impian yang tidak saya miliki ketika kecil. Atau bahkan mungkin banyak anak-anak seusia mereka dulu tidak pernah membayangkan seperti itu, karena lagu Susan yang mengatakan ingin menjadi dokter.



Hal mengejutkan yang saya alami adalah ketika ada seorang anak kecil laki-laki mendatangi saya dan bertanya, "Kak, kalau cita-cita saya menjadi pemadam kebakaran, boleh?"

Saya sempat terdiam. Bingung, karena merasa lucu kenapa anak ini begitu takut dengan mimpinya sendiri. "Kenapa nggak boleh? Ya boleh dong. Kenapa memangnya mau jadi pemadam kebakaran?"

"Saya mau membantu orang."

Saya terdiam, tidak bisa mengatakan apa-apa.

Semoga apa pun yang mereka impikan, tercapai.


#journal

© 2007-2019 by Sefryana Khairil. All rights reserved.