• sefryanakhairil

Writing Habit


"When people ask about my writing habits and hear that I write every day, they sometimes say, “Oh, I could never do that.” As if it were a choice. But the truth is it’s not. Writing, for me, is something I have to do. Otherwise, I just don’t feel like myself."

(Jeff Goins)



Setiap penulis pastinya memiliki writing habits-nya masing-masing. Dan, kita tidak bisa memaksakan kebiasaan penulis lain untuk diterapkan pada diri kita, karena setiap penulis memiliki golden time (waktu yang tepat untuk menulis) yang berbeda-beda.

Saya pernah mengikuti kebiasaan menulis teman penulis saya, yaitu menulis di pagi hari. Menurut teman saya, di pagi hari itu otak fresh, jadi imajinasi lebih mudah masuk. Tapi hasilnya, saya justru tidak menulis apa-apa. Lalu saya berpikir, mungkin itu writing habits teman saya, bukan saya. So, saya kembali ke kebiasaan menulis saya.

Apakah writing habits ini penting? Menurut saya, iya. Karena menemukan waktu yang tepat dan kebiasaan menulis akan merangsang otakmu mengeluarkan ide-ide.

Misalnya kebiasaan menulis Stephen King. Di bukunya, On Writing, ia mengatakan kalau ia menulis 10 lembar setiap hari, bahkan di saat libur. Dari kebiasaan tersebut membuktikan kalau dengan menulis setiap hari, tulisan kita akan lebih dan lebih baik lagi.

Hampir sama dengan Stephen King, Ernest Hemingway menulis 500 kata setiap hari. Hemingway terbiasa bangun pagi-pagi sekali untuk menulis agar bisa menulis dalam suasana yang tenang.

Kalau saya sendiri, tidak punya waktu khusus untuk menulis. Yang terpenting untuk saya, saat menulis, tempat itu benar-benar kondusif untuk menulis. Dalam artian, tempat itu bisa saja tempat umum seperti kafe yang ramai. Tapi saat menulis, di tempat itu tidak ada orang di dekat saya atau menemani saya.

Tempat favorit saya menulis di Dunkin Donuts (mana pun), ditemani triple chocolate donut dan green tea. Seringnya, saya tidak menggunakan wifi, karena akan mengganggu konsentrasi saya kalau sudah mulai browsing.

Saya menulis di buku tulis dulu, baru saya ketik di handphone ataupun laptop. Pernah mencoba menulis langsung di laptop, tapi feel-nya kurang terasa.

So, how’s your writing habits?

Sefryana Khairil

#writingtips

© 2007-2019 by Sefryana Khairil. All rights reserved.