• sefryanakhairil

Bersahabat dengan Writer's Block

Updated: Oct 10, 2019






Apa sih Writer’s Block?

Writer’s Block adalah ketika seorang penulis mengalami kebuntuan ide. Bukan hanya kamu, tapi saya, dan hampir semua penulis mengalaminya. Tidak perlu khawatir dan jangan menjadikan diri kamu menyerah untuk terus menulis. Rehat sejenak, renungi apa penyebabnya, sehingga ketika kamu mengalaminya lagi, kamu bisa dengan mudah mengatasinya.

Ada beberapa cara mengatasinya, yaitu:

1. Mendengarkan musik

Ini sering saya lakukan. Musik membuat pikiran relaks. Baca kutipan-kutipan lagu yang berada di awal bab? Ya, itu saya dengarkan untuk mendapatkan inspirasi. Dan dengan lagu, mood kamu untuk menulis bisa lebih baik lagi.

2. Nonton film

Kamu tidak tahu bagaimana membuat chemistry antartokoh? Kamu tidak tahu bagaimana membangun suasana? Tonton film yang cocok dengan mood cerita dan suasana yang akan dibangun. Adegan-adegan yang ditampilkan di film akan memperkuat insting kamu untuk membuat bagian dalam tulisanmu.

3. Membaca buku/majalah

Biasanya writer’s block terjadi karena kamu kurang referensi. Coba deh buka-buka lagi novel, buku, atau majalah yang menjadi referensi. Sambil relaks, nikmati bacaan kamu, ambil camilan.

4. Pergi ke tempat yang nyaman

Lepaskan diri kamu dari padatnya kota. Saya memilih Purwakarta, menikmati makanan sambil mencari ide. Atau kamu suka menjelajah tempat baru? Pergilah ke sana. Tempat baru pun bisa memberi ide segar.

5. Curhat

Kamu bisa ceritakan ceritamu ke teman-temanmu. Mungkin kita tidak bisa melanjutkan, tapi teman kita mempunyai ide yang mungkin belum sempat terpikir.

6. Terus menulis

Kamu suka melawan? Baiklah, lawan writer’s block, terus menulis. Mungkin dengan melawan writer’s block itu kamu mendapatkan pencerahan.

7. Menulis hal lain

Hentikan dulu menulis cerita itu dan tulis yang lain. Bisa pengalaman kamu seharian ini, siapa tahu dari ceritamu kamu terpikir ide yang belum sempat terlintas.

#writingtips


13 views

© 2007-2019 by Sefryana Khairil. All rights reserved.